Sabtu, 09 Juli 2011

BANNER


A.  PENGERTIAN BANNER
Banner adalah salah satu bentuk iklan yang paling banyak digunakan di Internet. Banner merupakan gambar grafis dengan ukuran tertentu yang disisipkan di antara isi suatu halaman web. Sebuah banner dilengkapi dengan link yang bila diklik oleh seseorang akan membawa orang tersebut ke suatu situs web, biasanya merupakan homepage perusahaan yang mensponsori banner tersebut. Tujuannya tentu saja sama yaitu mempromosikan web atau blog kepada orang lain. Dengan banner maka orang lain akan tahu secara ringkas keberadaan dan profile blog dan web. Jika mereka tertarik maka tentu saja mereka akan mengarahkan pointer di komputer untuk mengeklik banner. Inilah missi pertama dari pemasangan banner, yaitu kunjungan. Dengan kunjungan itu diharapkan mereka tertarik dan kalau kita menjual produk, maka diharapkan bisa laris terjual. Bila laris terjual maka uang akan datang. Inilah bisnis di internet. Jadi banner itu sangat penting untuk promosi. Anda bisa lihat di sebelah kanan blog dan di bagian atas, ada gambar / image khan. Itulah contoh banner.
Banner adalah gambar atau image yang bertujuan untuk mengajak, memberitahukan atau untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Dengan melihat banner maka orang akan tahu secara ringkas detail suatu produk. Jika offline banner bisa berupa spanduk yang diletakkan di pinggir-pinggir jalan, atau di tengah jalan di atas pembatas antara kanan dan kiri di jalan raya. Jika anda berjalan di jalan raya maka banyak sekali anda lihat banner – banner iklan yang mempromosikan suatu produk. Tapi tidak hanya di jalan raya, di tempat-tempat yang rame seperti stasiun Kereta Apa, Terminal, Bandara, pelabuhan dan lain-lain, kita juga bisa temukan banner-banner dengan segala ukuran. Itu semua tujuannya adalah untuk iklan atau promosi. Karena peran banner sangat besar untuk memperkenalkan suatu produk kepada orang lain. Pemasang banner tentu akan membayar dengan modal besar untuk itu. Banner jenis ini biasanya menampilkan iklan mengenai produk produk terbaru, acara baru yang diadakan secara eksternal dan internal, kegiatan pemerintah, dan banyak lagi fungsi banner ini.



B.  BANNER MERUPAKAN MEDIA LUAR RUANG YANG MEMPUNYAI KELEBIHAN dan KELEMAHAN yaitu :
a)   Kelebihannya
1.    Sebagai informasi umum dan hiburan.
2.    Mengikutsertakan semua panca indra.
3.    Lebih mudah dipahami.
4.    Lebih menarik karena ada suara dan gambar bergerak.
5.    Bertatap muka.
6.    Penyajian dapat dikendalikan.
7.    Jangkauan relatif lebih besar.
8.    Dapat menjadi tempat bertanya lebih detail.
9.    Dapat menggunakan semua panca indra secara langsung, dan lain-lain.
b)   Kelemahannya:
1.    Biaya lebih tinggi.
2.    Sedikit rumit.
3.    Ada yang memerlukan listrik.
4.    Ada yang memerlukan alat canggih untuk produk.
5.    Perlu persiapan matang.
6.    Peralatan selalu berkembang dan berubah.
7.    Perlu keterampilan penyimpanan.
8.    Perlu keterampil dalam pengoperasian.

C.     MERANCANG PENGEMBANGAN MEDIA PROMOSI KESEHATAN .
Media promosi kesehatan yang baik adalah media yang mampu memberikan informasi atau pesan-pesan kesehatan yang sesuai dengan tingkat penerimaan sasaran, sehingga sasaran mau dan mampu untuk mengubah perilaku sesuai dengan pesan yang disampaikan. Untuk hal itu diperlukan langkah-langkah merancang. pengembangan media promosi kesehatan sebagai berikut:
a.    Menetapkan tujuan
Tujuannya adalah suatu pernyataan tentang suatu keadaan di masa datang yang akan dicapai melalui pelaksanaan kegiatan tertentu. Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan harus:
1.    Realistis, artinya bisa dicapai bukan hanya angan-angan.
2.    Jelas dan dapat diukur.
3.    Apa yang akan diukur.
4.    Siapa sasaran yang akan diukur.
5.    Segmentasi sasaran adalah suatu kegiatan memilih kelompok sasaran yang tepat dan dianggap sangat menentukan keberhasilan promosi kesehatan. Tujuannya adalah memberikan Seberapa banyak perubahan yang akan diukur.
6.    Berapa lama dan di mana pengukuran dilakukan.
Penetapan tujuan adalah sebagai dasar untuk merancang media promosi kesehatan dan dalam merancang evaluasi. Jika tujuan yang ditetapkan tidakjelas dan tidak operasional maka program menjadi tidak fokus dan tidak efektif.
b.   Menetapkan segmentasi sasaran
pelayanan yang sebaik-baiknya dan memberikan kepuasan pada masing-masing segmen. Dapat juga untuk menentukan ketersediaan, jumlah dan jangkauan produk. Selain itu juga dapat menghitung jenis media dan menempatkan media yang mudah diakses oleh khalayak sasaran. Sebelum media promosi kesehatan diluncurkan hendaknya perIu mengumpulkan data sasaran seperti:
1.    Data karakteristik perilaku khalayak sasaran.
2.    Data epidemiologi.
3.    Data demografi.
4.    Data geografi.
5.    Data psikologi.
c.    Mengembangkan posisioning pesan
Posisioning adalah suatu proses atau upaya untuk menempatkan suatu produk perusahaan, individu atau apa saja dalam alam pikiran mereka yang dianggap sebagai sasaran atau konsumennya. Posisioning bukan sesuatu yang Anda lakukan terhadap produk tetapi sesuatu yang Anda lakukan terhadap otak calon konsumen atau khalayak sasaran. Hal ini bukan strategi produk tetapi strategi komunikasi. Di sini berhubungan dengan bagaimana calon konsumen menempatkan produk Anda di dalam otaknya. Posisioning membentuk citra. Sesuatu citra bisa kaya makna atau sederhana saja. Sebaiknya citra bisa berubah-ubah dan dinamis. Citra bisa diterima secara homogen dan sama.
d.   Menentukan strategi posisioning
Pada prinsipnya seseorang yang ingin melakukan kegiatan posisioning memerlukan suatu ketekunan dan kejernihan berpikir dalam memandang produk dan pasar yang tengah diusahakan. Langkah-Iangkah yang perlu dilakukan:
a)    Identifikasi para pesaing
Tujuannya adalah melakukan identifikasi atas sejumlah pesaing yang ada di masyarakat.
b)   Persepsi konsumen
Tujuannya adalah memperoleh sejumlah atribut yang dianggap penfing oleh khalayak sasaran.
c)    Menentukan posisi pesaing
Mengetahui posisi yang diduduki oleh pesaing dilihat dari berbagai sudut pandang.
d)   Menganalisis preferensi khalayak sasaran
Yaitu mengetahui posisi yang dikehendaki oleh khalayak sasaran terhadap suatu produk tertentu.
e)    Menentukan posisi merek produk sediri
Penentuan posisi merek yang akan kita jual harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut : analisis ekonomi, komitmen terhadap segmen pasar, jangan mengadakan perubahan yang penting, pertimbangkan simbol-simbol produk.
f)    Ikuti perkembangan posisi
Secara bersekala posisi produk harus ditinjau dan dinilai kembali apakah masih cocok dengan keadaan.
g)   Memilih Media Promosi Kesehatan
Pemilihan media adalah jabaran saluran yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan pada khalayak sasaran. Yang perlu diperhatikan di sini adalah:
Ø Pemilihan media didasarkan pada selera khalayak sasaran, bukan pada selera pengelola program.
Ø Media yang djpilih harus memberikan dampak yang luas.
Ø Setiap media akan mempunyai peranan yang berbeda.
Ø Penggunaan beberapa media secara serempak dan terpadu akan meningkatkan cakupan, frekuensi dan efektivitas pesan.

D.   CARA MEMBUAT BANNER ANIMASI BERKEDIP
Pada tutorial kali ini saya akan share kepada anda bagaimana cara membuat banner Animasi berkedip dengan menggunakan sebuah software gratis yaitu “Easy Gif Animator”. namun sebelum membuat banner anda harus menyiapkan minimal 2 atau 3 buah gambar yang akan anda jadikan banner nantinya.
disini saya menyiapkan 2 buah gambar yang sudah saya buat dengan menggunakan adobe potoshop, klo anda belum bisa membuat gambar dengan photoshop baca dulu tutorialnya disini.
       
gambar diatas bisa dibuat berformat jpg maupun gif
Setelah semuanya siap sekarang kita buka dulu Easy Gif Animatornya,
Langkah 1
Klik tulisan create new animation yang ditandai dengan tanda panah pada gambar dibawah

Langkah 2
Tekan insert image ( control+I ) yang ditandai tanda panah pada gambar dibawah

Langkah 3
Masukan gambar pertama yang akan anda jadikan banner animasi berkedip ( ambil dari my picture jika anda meletakkan gambarnya di disana ), setelah gambar pertama di masukan ke Easy Gif Animator maka anda akan mendapatkan contoh gambar seperti dibawah ini, silahkan anda atur sendiri waktu lama berkedipnya sesuai dengan yang anda sukai dengan menekan Frame Properties yang akan ditunjukan dengan tanda panah pada gambar dibawah ini
Langkah 4
Untuk memasukan gambar kedua silahkan ulangi lagi langkah ke-2 dan langkah ke-3. setelah kedua gambar dimasukan kini saatnya anda untuk melihat hasil karya anda dengan menekan tombol Animate yang ditunjukan dengan tanda panah pada gambar dibawah ini

Langkah 5
Setelah anda selesai membuat banner, sekarang anda simpan hasil karya anda dengan menekan Menu File > Save As yang terletak di pojok kiri atas.
Setelah tersimpan proses selanjutnya adalah upload image. Untuk upload image bisa menggunakan tempat yang gratis seperti blogger.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar